Main Article Content

Aryo Sasmita

Abstract

Adanya penurunan kualitas udara oleh emisi karbon yang dihasilkan dari kegiatan transportasi di Pekanbaru, secara tidak langsung dapat menyebabkan perubahan iklim. Jenis gas emisi yang utama dan di sektor transportasi sebagai akibat dari pembakaran bahan bakar adalah gas COdan CH4. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan car free day (CFD) yang dilakukan oleh pemerintah Kota Pekanbaru setiap hari minggu pada puku 06:00 hingga pukul 09:00 WIB mampu memberikan dampak mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari kegiatan transportasi.


Lokasi studi adalah jalan Diponegoro yang merupakan jalan yang dipergunakan untuk CFD. Pengumpulan data primer dilakukan pengaambilan perhitungan jumlah kendaraan dengan metode traffic counting. Kemudian dilakukan pengumpulan data sekunder, antara lain data perhitungan nilai emisi dengan mengumpulkan data perhitungan satuan mobil penumpang, faktor emisi untuk tiap jenis kendaraan dan data konsumsi energi spesifik untuk masing-masing kendaraan.


Dari hasil perhitungan diketahui bahwa nilai emisi karbon dioksida yang berhasil dikurangi dengan adanya kegiatan CFD adalah 236,486 kg CO2.

Article Details

Section
Articles