UPGRADING SEPEDA MOTOR 2 STROKE MENJADI 4 STROKE SEBAGAI UPAYA PENERAPAN STANDARD EMISI
Main Article Content
Abstract
Regulasi Menteri Lingkungan Hidup tahun 2003 tentang “Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor” yang mengacu Standar Euro 3 telah memberikan dampak yang besar bagi perkembangan kendaraan di Indonesia khususnya motor 2 stroke, dimana pembakaran yang dihasilkan tergolong tidak sempurna dan menghasilkan udara polusi yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Sehingga dinilai tidak layak untuk beroperasi lagi di Indonesia. Sehingga motor tersebut tidak berguna dan menimbulkan sampah masal. Melalui penelitian “Upgrading Motor 2 Stroke menjadi Motor 4 Stroke Sebagai Upaya Penerapan Standard Emisi Euro 3” dapat memberikan solusi dari keputusan pemerintah tentang ambang batas emisi gas buang. Selain itu juga untuk meminimalisir sampah masal dari motor 2 stroke yang tidak beroperasi lagi. Dengan memodifikasi motor 2 stroke dan menambahkan komponen dari motor 4 stroke menghasilkan emisi lebih rendah dari motor 2 stroke, serta tidak menghilangkan kelebihan dari performa motor 2 stroke. Sehingga motor ini merupakan solusi yang baik untuk para pecinta motor 2 stroke serta alternatif yang ramah lingkungan.
Downloads
Article Details
Pengiriman manuskrip ke Jurnal Purifikasi diartikan bahwa karya tersebut belum pernah dipublikasikan pada jurnal lain serta tidak dalam pertimbangan untuk dipublikasikan di tempat lain. Penulis dengan ini bersedia menyerahkan hak cipta manuskrip beserta isinya kepada Jurnal Purifikasi, jika diterima untuk publikasi. Manuskrip yang diterima akan dipublikasikan dalam bentuk cetak dimana ISSN terikat dalam bentuk cetak bukan dalam bentuk online (pdf). Penulis tidak diperbolehkan mempublikasikan karyanya ke dalam bentuk lain (jurnal) tanpa seizin pengelola Jurnal Purifikasi.
Dengan menyerahkan manuskrip, penulis telah dianggap mengetahui segala hak dan kewajiban yang melekat pada setiap manuskrip.